Resep Pisang Ijo - Gudang Resep Dan Travel

Senin, 09 Desember 2019

Resep Pisang Ijo

Baca Juga



Pijang Ijo atau Pisang Hijau adalah makanan tradisional yang lezat dari Sulawesi Selatan, Indonesia. Makanan ini terbuat dari bahan utama pisang yang dibungkus dengan campuran tepung hijau dan disajikan dengan sirup merah dan bubur sumsum. Adonan dibuat dari tepung, air dan pewarna hijau yang terbuat dari campuran air dengan suji atau daun pandan. Dan cara memasak pisang hijau ini adalah dengan mengukusnya di atas kapal uap.

Untuk mendapatkan adonan Pisang Ijo terbaik dengan rasa premium, lebih baik menggunakan pewarna makanan alami seperti daun pandan. Karena selain menciptakan aroma khas, warnanya juga sangat indah dan alami. Tetapi jika Anda ingin praktis, Anda juga bisa menggunakan pewarna makanan hijau atau pasta panda.

Untuk mendapatkan tekstur adonan resep Pisang Ijo yang tetap lunak hingga besok, di sini kami menggunakan cara berbeda dengan proses pembuatan adonan kulit pisang ijo secara umum. Yaitu dengan mencampur semua bahan adonan kulit pisang hijau, lalu dikukus dalam wadah tahan panas hingga adonan mengeras. Adonan yang sudah mengeras kemudian diaduk sampai halus dan siap dibungkus dengan pisang yang sudah dikukus sebelumnya.
Resep Pisang Ijo (Resep Pisang Hijau)

Bahan kulit Pisang ijo:
6 potong pisang raja, dikukus
60 gram tepung
60 gram tepung beras
5 sendok makan gula pasir
Santan 150 mili liter
100 mililiter air matang
Pasta Pandan 4 tetes
Garam 1/4 sendok teh

Bahan bubur sumsum:
santan 600 ml
Tepung beras 40 gram
4 sdm gula pasir
Garam 1/4 sdt
Daun pandan secukupnya, opsional

Bahan - bahan lainnya :
Susu kental manis Putih
Sirup DHT (pisang ambon) atau sirup cocopandan
Es batu secukupnya
Cara membuat Pisang Ijo (Pisang Hijau):
1. Pertama-tama selain pisang, campur semua bahan dalam satu wadah. Aduk rata menggunakan pengocok sampai campuran halus, lalu saring. Kemudian tuangkan campuran ke dalam loyang atau wadah tahan panas lainnya. Menyisihkan.
2. Panaskan pengukus atau wajan, kemudian kukus adonan selama sekitar 15 menit sampai campuran matang. Lepaskan loyang dan biarkan dingin sampai uap panas hilang.
3. Selanjutnya keluarkan adonan dari wajan, lalu remas sampai rata. Membagi adonan menjadi 6 bagian kemudian masing-masing rata.
4. Tempatkan pisang kukus di atas adonan yang telah diratakan. Gulung, lalu tutup kedua ujungnya.
5. Ulangi langkah ini dan lanjutkan sampai adonan habis.
6. Panaskan kembali panci steamer / boiler. Tutupi alas dengan daun pisang atau plastik tahan panas.
7. Kemudian kukus lagi pisang hijau selama 10-15 menit. Angkat dan dinginkan.


Cara membuat Bubur Marrow:
1. Dalam wadah atau baskom, larutkan 200 ml santan dengan tepung beras dan aduk hingga rata. Menyisihkan.
2. Dalam wajan, masak sisa santan dengan gula, garam, dan daun pandan sampai mendidih, sambil terus diaduk perlahan. Tuang larutan santan dan tepung beras, lalu terus aduk dan masak sampai mengental dan pecah. Matikan api.


Saran presentasi pisang ijo:
1. Potong pisang hijau sesuai selera dan atur dalam mangkuk saji.
2. Berikan sumsum bubur dan es batu secukupnya.
3. Kemudian siram dengan susu kental manis dan sirup merah sesuai selera.
Sajikan selagi dingin.


Kiat Sukses Membuat Resep Pisang Ijo:
1. Saat menggulung atau membentuk pisang hijau, Anda harus menggunakan daun pisang atau plastik bening agar lebih mudah dibentuk.
2. Jika ingin rasa yang enak, pasta pandan dapat diganti dengan jus alami atau jus daun pandan.
3. Saat mengukus adonan, pastikan untuk menggunakan pengukus dengan diameter sehingga besar dari loyang. Sehingga campuran pisang hijau dimasak merata dengan sempurna.
4. Sirup DHT atau sirup pisang ambon adalah produk khas Makassar. Jika Anda kesulitan menemukannya, Anda bisa menggunakan sirup merah atau sirup cocopandan.
Comments


EmoticonEmoticon