4 Resep Kepiting Super Lezat - ZiNesiaCom

Senin, 17 Juni 2019

4 Resep Kepiting Super Lezat

Baca Juga


Jika kalian suka makan kepiting tetapi kalian sudah bosan dengan hidangan kepiting yang biasa kalian makan maka cobalah resep-resep kepiting yang saya share ini. Daripada kalian membeli hidangan-hidangan kepiting diwarung-warung makan atau restoran yang harganya lebih baik kalian coba memasaknya sendiri dirumahpasti akan lebih puas memakannya. Nah sekarang saya share 4 kreasi masakan kepiting yang rasanya mantap banget lezatnya.

 Resep-resep Kepiting :

1. Resep Kepiting Saos Padang.

Kepiting saos padang
By : @cheche.kitchen

Bahan kepiting saos padang : 
1 ekor kepiting (kurang lebih 500gr)
2 butir telur, di buat orak-arik (boleh di skip)
1/2 butir bawang bombay, cincang halus
2 cabe merah besar, iris
5 sdm saus sambal
3 sdm saus tomat
1 sdm saus tiram
1 sdm kecap ikan
1 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt gula pasir
300 ml air
1 batang daun bawang, potong-potong
2 sdm minyak 
Bumbu halus:
5 siung bawang putih
3 butir bawang merah
4 cabe merah
5 cabe rawit



Cara membuat kepiting saos padang :
1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus bersama bawang bombay dan cabe hingga harum.
2. Lalu masukkan saus tomat, saus sambal, saus tiram dan kecap ikan dan aduk hingga rata.
3. Tambahkan garam, gula pasir dan merica bubuk. Masak sambil diaduk-aduk hingga meletup-letup.
4. Kemudian tuang air dan masak hingga mendidih. Tes rasa hingga sesuai selera.
5. Masukkan kepiting dan telur orak-arik, aduk rata hingga matang dan terbalut saus. Sesaat sebelum diangkat masukkan daun bawang, aduk hingga rata
6. Siap di santaaapp.



2.  Resep Kepiting Lada Hitam.

www.nenginfoo.xyz

Kepiting lada hitam
By : @nindriany17

Yang hobby makan seafood wajib coba nih moms, rasanya pedas nagih dech daripada beli di resto pasti mahal. Mending bikin sendiri dirumah puassss kalau gak ada kepiting bisa diganti udang atau kerang tetap enak.

Bahan kepiting lada hitam :
- 3 kepiting besar
- 3 jeruk nipis
-1 sdt kaldu bubuk ayam
- 1 jagung manis,potong-potong dan rebus sebentar

Bumbu kepiting lada hitam :
- 1,5 sdm lada hitam (tumbuk kasar atau blender tanpa air)
- 5 bawang putih,cincang halus/blender tanpa air
- 2 ruas jahe,geprek
- 2 lembar daun jeruk,sobek"
-1,5 sdm saus tiram
- 3 sdm saus tomat
- 3 sdm saus sambal
-  3 sdm kecap manis
-1 sdm gula pasir
- 1 sdt lada bubuk
- 5 cabe rawit merah/sesuai selera,haluskan
- 1 cabe merah besar,haluskan
- garam secukupnya



Cara Memasak kepiting lada hitam :
1. Cuci bersih kepiting dan sikat semua bagian dengan sikat kecil (sikat gigi), buka bagian tempurung kepiting dengan pisau (dari lubang dekat mata kepiting )bersihkan bagian dalamnya.
2. Retakkan bagian capitnya
3. Kucuri dengan air jeruk nipis (pastikan semua terkena air jeruk nipis) lalu diamkan selama 15 menit, cuci bersih dan sisihkan
4. Panaskan air hingga mendidih lalu tambahkan kaldu bubuk dan masukkan kepiting, rebus kepiting hingga berubah warna (daging kepiting matang) lalu angkat dan tiriskan
5. Panaskan 2 sdm minyak, tumis bawang putih sampai wangi atau berwarna kecoklatan lalu masukkan jahe, daun jeruk, saus sambal, saus tomat, saus tiram, kecap manis, lada bubuk, garam, lada hitam, cabe ,air rebusan kepiting secukupnya.
6. Masak hingga mendidih lalu tambahkan garam dan biarkan sesaat, cicipi rasanya, jika sudah pas kemudian masukkan jagung dan kepiting lalu aduk rata
7. Masak hingga bumbu meresap dan air menyusut
8. Sajikan.



3. Resep Kepiting Telur Kecap.

www.nenginfoo.xyz

Kepiting telur kecap
By : @resepuntukmenantu

Kepitingnya udah tinggal kenangan ya, sisa foto doang. Anak-anak suka banget kalau menu ini. lahap makannya.

Bahan kepiting telur kecap :
 1 kg kepiting, bersihkan dan potong sesuai selera.
  (goreng dengan minyak secukupnya hingga setengah matang, angkat dan tiriskan)
 1 siung bawang bombai besar, iris
5 btg daun bawang, potong memanjang.
1 buah tomat besar, potong bagi menjadi 6 potong
3 siung bawang putih, cincang
3 cm jahe bagi 2 dan geprek.
2 telur, kocok.
1/2 sdt garam, lada, penyedap jamur.
4 sdm kecap manis.
2 sdm kecap asin.
450 ml air
5sdm minyak makan untuk menumis.



Cara memasak kepiting telur kecap :
1. panaskan minyak diatas wajan lalu tambahkan bawang putih dan bawang bombai, tumis hingga harum.
2. Masukan jahe dan kepiting masak sebentar, aduk ratakan
3. Tambahkan air dan bumbui garam, lada, kaldu bubuk jamur, kecap manis dan kecap asin.
4. Aduk ratakan masak hingga kepiting matang sambil sesekali diaduk.
5. Masukan kocokan telur sambil diaduk agar telur menyebar.
6. Tambahkan tomat masak sebentar kemudian masukan daun bawang.
7. Aduk dan tes rasa, jika sudah pas, matikan api kompor dan sajikan. 



4. Resep Kepiting Mentega

www.nenginfoo.xyz

Kepiting mentega.
By @lidyatjahjadi

Mr. Crab lewat lagi ya, kali ini dimasak mentega aja gurih dan nagih bikin diet gagal dan timbangan semakin ke kanan. Happy dinner all!


Bahan kepiting mentega :
2 ekor kepiting, belah jadi 2, cuci bersih, lalu goreng / dikukus

Bumbu halus :
4 siung bawang putih
6 siung bawang merah
1/2 buah bawang bombay
3 sdm kecap manis
6 sdm mentega
Garam & gula secukupnya



Cara membuat kepiting mentega :
1. Tumis bumbu halus dengan mentega sampai wangi lalu masukkan kecap, garam dan gula
2. Masukkan kepiting yang sudah digoreng / kukus, aduk-aduk rata dan tunggu sampai bumbu meresap. 
3. Angkat dan sajikan.


Comments


EmoticonEmoticon